Sebagian besar masyarakat Desa Banjarejo bermata pencaharian petani. Namun untuk produk unggulan utama di Desa ini yang dinilai memiliki peran besar bagi peningkatan ekonomi adalah peternakan ayam baik petelur maupun pedaging.

Ayam broiler atau yang disebut juga ayam ras pedaging (broiler) adalah jenis ras unggulan hasil persilangan dari bangsa-bangsa ayam yang memiliki daya produktivitas tinggi, terutama dalam memproduksi daging ayam. Pada umunya pemeliharaan selama 5-8 minggu ayam broiler sudah mempunyai bobot badan antara 1,5-2.8 kg/ekor dan bisa segera dijual oleh peternak. Ayam petelur adalah ayam-ayam betina dewasa yg dipelihara khusus utk diambil telurnya.

Model pengelolaan usaha ternak yang dilakukan ada yang dengan melakukan kemitraan khususnya dengan pabrikan pakan sehingga terbantu modal, pengelolaan, serta pasar meskipun pendapatan yang diperoleh terbatas, ada juga yang dikelola mandiri sehingga lebih bebas untuk memilih pasar, pakan, harga dan lain-lain.

Namun demikian usaha ini sangat membantu pergerakan ekonomi di Desa Banjarejo. Apalagi jika dikembangkan dalam bentuk pengembangan teknologi pengolahan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?

  1. Indra Nurdianto

    Peternak ayam petelur banyak dijumpai di dusun krajan, selain sektor pertanian yang menjadi mata pencaharian utama warga desa Banjarejo secara umum. Saran, mungkin sektor lain bisa dikembangakan di desa Banjarejo misalnya usaha milik desa dengan para pekerja dari masyarakat yang masih berpenghasilan rendah, diadakan pelatihan-pelatihan untuk membuat sebuah usaha yang dinaungi pemerintah desa. Menciptakan daya kreativitas warga dalam memproduksii barang yang bernilai ekonomis, misalnya mendaur ulang barang-barang bekas menjadi sebuah kerajinan yang bisa diperjualbelikan dan sejenisnya. Memanfaafkan pekerja dari para pemuda yang putus sekolah dengan diberikan pelatihan dari desa. Sektor pendidikan juga perlu terus dikembangkan, desa Banjarejo bisa ke depannya menjadi desa usaha dengan tingkat pendidikan tinggi (formal dan nonformal). Selebihnya, pasti akan bisa menuju ke arah desa maju karena warganya kreatif dan berpendidikan tinggi. Terima kasih.

Tinggalkan Komentar

Komentar anda tidak akan dipublikasikan, jika formulir yang ditandai * tidak diisi.